10 Cara Membangun Percaya Diri Anda

Krisis kepercayaan diri memang sering terjadi pada seseorang, dan ada bermacam penyebabnya mulai dari penampilan, fisik, status ekonomi, status pendidikan, pekerjaan, karakter yang cenderung pemalu atau kurangnya kemampuan membangun percaya diri dalam beradaptasi dengan lingkungan. Setiap orang tidak jarang mempunyai keraguan tentang dirinya sendiri, hal ini menjadikan mereka mereka merasa tidak nyaman serta kurang termotivasi.

Membangun Percaya Diri Sangat Penting Dilakukan Setiap Orang

Setiap individu butuh rasa percaya diri supaya mantap dalam melangkah serta bertindak saat mengambil keputusan dalam hidupnya. Membangun percaya diri bisa dilakukan dengan cara selalu berpikir positif bahwa dirinya bisa melalukannya. Memang, seringkali membangun kepercayaan diri akan membutuhkan waktu, ada yang dapat melakukan dengan cepat, namun ada pula yang tidak, hal ini tergantung dari setiap individu dan faktor lingkungan sekitar. Tanpa disadari, kepercayaan diri akan membuat kehidupan seseorang menjadi lebih mudah baik dalam pekerjaan, asmara atau pergaulan sosial.

membangun percaya diri

Sumber gambar https://xframe.io

Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri ?

Sayangnya, nggak semua orang punya rasa percaya diri yang tinggi, bahkan sebagian orang cenderung merasa minder dan malu untuk mengungkapkan pikiran mereka dihadapan orang lain. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun percaya diri seseorang. Berikut diantaranya :

1. Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tahukah Anda bahwa membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu enggak akan ada habisnya, karena rasa percaya diri yang rendah akan selalu melihat dan menilai orang lain lebih baik daripada diri mereka sendiri, yang dimana hal ini jadi menimbulkan rasa membanding-bandingkan diri sendiri pada orang lain, yang pada akhirnya akan menurunkan mental seseorang.

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Itulah sebabnya jangan saling membandingkan, karena setiap orang dilahirkan dengan kemampuan talenta dan latar belakang yang berbeda-beda. Tanamkan dalam diri Anda bahwa hidup bukanlah sebuah kompetisi. Kalau Anda selalu membandingkan diri dengan orang lain lama-kelamaan akan muncul perasaan iri, cemburu benci dan perilaku tersebut bukanlah hal yang sehat. So berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain ya! Terima apa yang sudah Anda miliki, dan terus tingkatkan kemampuan diri sendiri.

2. Pilih lingkungan yang tepat

Bayangkan kalau Anda bergabung di lingkungan yang diisi oleh orang-orang yang kurang percaya diri, ya Anda juga bakal ikutan nggak percaya diri. Sikap dan perbuatan yang ditunjukkan orang lain akan otomatis mempengaruhi sikap dan perbuatan Anda juga dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan sampai salah memilih pergaulan, masuklah ke lingkungan pergaulan yang membuat diri Anda semakin berkembang Jauhi dan buang hal-hal negatif yang berasal dari lingkungan sekitar. Pertahankan rasa percaya diri yang telah terbangun sejak awal, temukan orang-orang temukan teman-teman yang dapat membuat Anda merasa nyaman dengan diri Anda sendiri, dan hindari orang-orang yang cenderung memicu pikiran-pikiran negatif dan menurunkan kepercayaan diri Anda. Cari teman-teman yang dapat memberikan saran yang mendukung tanpa menjadi teman yang menjatuhkan di belakang.

3. Fokus pada hal-hal positif

Rasa percaya diri dapat merosot karena rasa cemas yang menyelimuti diri sendiri. Rasa cemas dan rasa takut timbul karena Anda terlalu memikirkan terlalu memusingkan apa yang akan dikatakan orang lain, padahal perkataan orang lain bukan sesuatu yang harus diambil pusing. Jadi, jangan biarkan rasa cemas terus-menerus menyelimuti hidupmu persiapkan segalanya dengan baik karena dengan begitu Anda bisa meminimalisir dampak buruk yang terjadi Buang rasa cemas jauh-jauh dan fokuslah pada hal-hal yang bersifat positif untuk mendapatkan hasil yang positif pula!

4. Perbaiki postur tubuh

Seseorang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, tidak jarang sering memperlihatkan postur tubuh yang kurang enak dipandang. Nah mulai sekarang perbaikilah postur tubuh Anda dan juga cara berjalan mu. Kepala menatap kedepan jangan menunduk, badan tegap tegak, kontak mata yang positif dan jangan membungkuk. Postur tubuh juga sangat berpengaruh untuk membangun percaya diri.

5. Memperbaiki penampilan

Penampilan secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang, karena itu gunakan pakaian yang nyaman, yang pas di badan dan yang pantas. Tidak harus mahal, cukup rapi bersih dan wangi. Jangan lupa juga rapikan rambut dengan pergilah ke barbershop atau salon agar Anda bisa mendapatkan model rambut yang pas. Rawatlah kulit muka agar wajahmu terlihat lebih cerah bersih, glowing dan menarik. Jika Anda mempunyai penampilan yang baik maka secara otomatis kepercayaan diri pasti akan meningkat.

6. Memiliki kemauan untuk menambah wawasan

Orang yang selalu memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan dan memiliki kemauan untuk belajar akan merasa lebih percaya diri. Oleh karena itu jangan pernah berhenti untuk selalu belajar dan menambah wawasan, supaya Anda lebih mudah melebur dengan komunitas tertentu. Dengan begitu akan memudahkan proses Anda dalam membangun percaya diri.

7. Menambah teman baru

Kalau selama ini Anda selalu berada di lingkungan pertemanan yang satu tipe, yang sama-sama pemalu, sama-sama suka minder, sama-sama nggak percaya diri maka sekarang saatnya mencari teman baru dengan karakter yang berbeda, yang lebih segar, yang berani dan percaya diri. Dengan semakin lama bergaul dengan banyak teman baru yang positif, maka percaya diri pun akan meningkat.

8. Belajar untuk selalu bersyukur

Mensyukuri apa yang Anda miliki dan mensyukuri bagaimana kondisi Anda sekarang akan membangun rasa percaya diri Anda. Kenapa? Karena dengan bersyukur Anda akan terhindar dari rasa stres dan perasaan negatif lain Bersyukurlah pada apa yang ada dalam diri Anda, misalnya mengenai wajah, penampilan tubuh, kemampuan skill, ekonomi, kondisi keluarga, bersyukur masih bisa makan, bersyukur memiliki tubuh yang lengkap. Bersyukur masih bisa menghirup udara bersyukur selalu diberi kesehatan bersyukur memiliki pekerjaan, bersyukur masih diberi nafas kehidupan dan lain sebagainya.

Janganlah merasa bahwa diri Anda jelek, Anda tidak pantas, Anda berpenampilan buruk, status ekonomi terbelakang, ataupun minder. Ketika Anda menjadi orang yang bersyukur pada apa yang Anda punya, maka Anda akan lebih percaya diri dalam menghadapi hidup. So jangan lupa bersyukur!

9. Belajar dari kesalahan dan memperbaikinya

Belajar dari kesalahan akan membuat seseorang tampil lebih baik lagi secara terus-menerus. Kalau Anda melakukan sesuatu tetapi gagal, itu wajar, bukan juga hal yang mengerikan justru jadikan kesalahan ini sebagai media pembelajaran bagi Anda.

Pelan tapi pasti kepercayaan diri akan semakin meningkat. Tanamkan konsep bahwa tidak ada yang sempurna, dan di dunia ini memang nggak ada yang sempurna, dan kita harus menyadari itu. Anggap saja setiap kesalahan yang dibuat adalah bagian dari ketidak sempurnaan diri Anda dan merupakan hal yang lumrah terjadi pada setiap orang . Tetapi ingat jangan lupa untuk selalu belajar dan memperbaiki jangan sampai dirimu terus-terusan jatuh ke lubang yang sama

10. Catat prestasi dan evaluasi setiap pencapaian

Coba Anda ingat kembali dan catat semua tujuan yang berhasil dicapai selama ini, mau itu pencapaian besar ataupun pencapaian kecil. Meskipun terdengar sepele, cara ini justru dapat membantu seseorang untuk menilai kemampuan pribadi dalam sudut pandang positif. Dengan begitu Anda akan mampu mengejar tujuan selanjutnya.

Kesimpulan

Mulai saat ini, jangan pernah lagi menyepelekan sesuatu yang ada dalam diri Anda! Apakah itu kemampuan, bakat ataupun hobi, jika dibarengi dengan rasa percaya diri kemampuan kecil yang sering diremehkan itu justru dapat membawa Anda ke gerbang kesuksesan. Buktikan kepada dunia kalau Anda adalah seorang pemenang. Rasa percaya diri yang meningkat juga bisa membuat Anda menjadi pribadi yang menyenangkan dan semakin sukses.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *