7 Cara Single Parent Dalam Mendidik Anak

Membesarkan sekaligus mendidik anak sendirian dapat menjadi tidak mudah untuk seorang single parent. Karena itu cara single parent dalam mendidik anak juga menjadi berbeda, karena dengan menjadi seorang single parent, maka harus sendirian memahami bagaimana mengatasi tekanan, menemukan dukungan sambil membesarkan anak.

Apabila saat ini Anda termasuk individu yang sedang membesarkan anak seorang sendiri, maka Anda adalah seseorang yang sangat luar biasa. Saat ini cukup banyak ditemui keluarga dengan orang tua tunggal daripada sebelumnya, beberapa penyebab utama adalah karena salah satu pasangan tutup usia atau juga disebabkan terjadinya perceraian dalam rumah tangga.

cara single parent dalam mendidik anak

Sumber gambar https://unsplash.com

Beberapa cara single parent mengasuh dan mendidik anak

Ada beberapa cara mendidik anak bagi single parent, serta menghadapi juga mengelola berbagai tantangan ketika membesarkan seorang anak yang sehat namun juga bahagia. Berikut ulasan dari biro psikologi tentang bagaimana cara single parent dalam mengasuh dan mendidik anak.

Tantangan single parent pada umumnya

Membesarkan anak bagi seorang single parent dapat menjadi sebuah hal yang sulit dalam beberapa keadaan, karena tanpa kehadiran seorang pasangan menjadikan waktu yang diluangkan menjadi lebih tinggi. Hal tersebut menjadikan seorang single parent akan memiliki tanggung jawab pada seluruh tugas dari mengasuh anak setiap hari. Semua rutinitas tersebut akan mengakibatkan tekanan seperti stres dan kelelahan. Ketika seorang singe parent menjadi terlalu lelah atau terganggu secara emosional dalam mendampingi dan mendidik anak secara konsisten, maka akan berpotensi memunculkan masalah yang akan timbul.

Sebagian dari keluarga single parent, pada umumnya mempunyai penghasilan tidak terlalu besar serta kurang memiliki akses pada layanan kesehatan. Bekerja sambil sekaligus mengasuh anak terkadang mempengaruhi kualitas pekerjaan yang kemudian mengakibatkan kesulitan secara finansial juga sosial. Seorang Anak juga berpotensi akan merasakan kurangnya teladan dan sosok orangtua berupa ayah atau ibu.

Cara mengurangi stres bagi orangtua single parent

Kemudian bagaimana cara single parent dalam mendidik anak serta menjalani semua tantangan ini?

Tunjukkan cinta dan sayang Anda

Jangan lupa untuk memuji anak Anda ketika mereka melakukan hal yang positif, dan biarkan anak tahu bahwa Anda memberikan cinta tanpa syarat serta dukungan kepadanya. Aturlah dan sisihkan waktu Anda setiap hari untuk bermain, beraktivitas atau sekedar duduk bersama dengan anak Anda. Hal ini merupakan cara untuk membangun komunikasi antara anak dengan orang tua.

Menciptakan rutinitas

Ciptakan rutinitas seperti halnya waktu makan yang terjadwal secara teratur, serta waktu tidur tepat waktu akan membantu anak Anda tertib dan tahu apa saja yang harus dilakukan tanpa harus disuruh.

Menemukan pengasuh anak yang tepat

Apabila Anda kemudian membutuhkan sorang pengasuh bagi anak Anda, maka carilah pengasuh yang berkualitas untuk dijadikan pilihan. Jika memiliki anak lebih dari satu, maka jangan hanya tergantung pada anak yang lebih tua untuk membantu mengasuh adiknya. Jangan terlalu mudah untuk meminta bantuan seorang teman baru atau tetangga untuk mengawasi anak Anda.

Membuat aturan jelas

Buatlah aturan-aturan yang jelas mengenai semua kegiatan di rumah, serta apa saja yang diharapan dari anak Anda seperti berbicara dengan sopan dan tanggung jawab mereka. Pastikan juga bahwa pengasuh anak Anda memahami dan ikut mengawasi anak dalam membantu menjadikan anak lebih disiplin. Secara berkala lakukan evaluasi terkait aturan-aturan tersebut, seperti penggunaan internet atau ketika anak terlihat sudah mampu untuk menerima tanggung jawab lebih banyak.

Jangan merasa bersalah

Tidak jarang seorang single parent akan menyalahkan diri mereka sendiri dengan menganggap bahwa menjadi single parent telah merenggut kehidupan anak, dan semua kondisi ini terjadi karena kesalahan orang tua sehingga menjadi seorang single parent.

Jangan lupa menyenangkan diri sendiri

Ciptakan semua kegiatan setiap hari mulai dari aktivitas fisik, konsumsi makanan yang sehat dan mendapatkan istirahat yang cukup. Buatlah jadwal dan kegiatan yang dapat membuat Anda merasa bahagia.

Bersandar dengan orang lain

Jangan merasa berbeda dengan status sebagai single parent, tetaplah bersikap wajar dan berinteraksi dengan orangtua lain, bergabung dengan kelompok sesama single parent, minta tolong kepada teman atau saudara dan tetangga ketika membutuhkan bantuan. Aktif di dalam komunitas rohani juga bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat.

Tetaplah berpikir positif

Ketika sedang mengalami keadaan yang tidak mudah, tetaplah jujur dengan anak Anda, namun berikan keyakinkan kepadanya bahwa semua akan baik-baik saja. Tetaplah memiliki selera rasa humor saat berhadapan dengan tantangan setiap harinya. Sekalipun awalnya mungkin taidaj mudah, namun dengan semangat yang positif pasti Anda akan mampu menerapkan cara mendidik anak bagi seorang single parent.

Kesimpulan

Mendidik anak bagi seorang single parent mungkin memang membutuhkan proses berbeda, namun terkadang menjadi solusi terbaik jika dibandingkan harus menjalani hubungan dengan pasangan yang toxic, dimana hal tersebut dapat lebih memberikan pengaruh negatif kepada anak. Seorang single parent bisa lebih memperhatikan kebutuhan dan mendidik anak tanpa harus terpengaruh konflik dengan pasangan.

Apabila membutuhkan pendampingan dan bagaimana cara single parent dalam mendidik anak, silahkan menghubungi konselor psikologi terdekat di wilayah Anda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.