Sering Merasa Terlalu Minder? Atasi Dengan 4 Tips Berikut Ini

Kepercayaan diri pasti jadi hal yang sangat berpengaruh didalam setiap aktivitas, dikarenakan bersama hal itu Anda akan sanggup mengembangkan bermacam potensi yang dipunyai. Umumnya orang yang sulit mampu tampil dengan percaya diri akan disebut dengan istilah minder. Perasaan terlalu minder bisa muncul berasal dari beragam penyebab yang sudah terjadi dalam rentang kehidupan nya, berupa pengalaman di era lalu yang menjadikan trauma.

Mengatasi Perasaan Terlalu Minder

Memiliki latar belakang keluarga yang tidak cukup harmonis, mengalami perceraian, jadi korban pelecehan fisik atau emosional, dan hal buruk lain ketika anak-anak. Kemudian, apa saja langkah yang bisa dilakukan secara cepat guna tingkatkan rasa percaya diri. Berikut penjelasannya di bawah ini.

Cara Tingkatkan Rasa Kepercayaan Diri

Sebenarnya, masalah kepercayaan diri cukup terkait erat bersama dengan kondisi mental seseorang. Orang yang selalu merasakan minder cenderung menganggap suasana sekitar sebagai area yang kurang aman bagi dirinya. Keadaan ini menjadikan orang yang kehilangan rasa percaya diri cenderung sulit menemukan peluang untuk mengembangkan diri.

Apabila memiliki teman dan kerabat dekat atau bahkan diri Anda sendiri yang punya rasa percaya diri yang rendah, maka ada beberapa tips berikut ini yang dapat dilakukan guna membangun rasa yakin diri secara cepat diantaranya :

merasa terlalu minder

Sumber gambar https://unsplash.com

1. Tuliskan daftar keistimewaan dan kekurangan yang dimiliki

Mengetahui dan menyatakan bahwa Anda mempunyai keistimewaan, secara perlahan akan membentuk rasa kepercayaan diri menjadi lebih baik. Coba ingat kembali beberapa pujian atau pengakuan yang pernah diperoleh dari keluarga atau lingkungan sekitar tentang kemampuan Anda pada bidang tertentu.

Ketika pada proses yang sama Anda juga menemukan kekurangan yang dimiliki, jangan cuman berhenti kemudian meratapinya, karena dengan melakukan itu justru akan mengakibatkan Anda semakin kesulitan meningkatkan kepercayaan diri. Berusahalah untuk tetap konsisten meningkatkan kemampuan diri agar kekurangan tersebut tak jadi penghalang bagi Anda guna memperoleh keberhasilan di era mendatang.

Sebagai contoh ketika merasa bahwa kekurangan Anda adalah takut tampil berbicara di depan umum, maka mulailah melatih diri mulai dari beberapa hal sederhana. Cobalah untuk lebih banyak berbicara serta mambuat beberapa lelucon di dalam keluarga, atau beberapa teman dekat Anda. Jika itu berhasil baru Anda bisa mencobanya dalam group yang lebih besar mula dari lingkungan sekitar atau tempat kerja.

2. Selalu berpikir positif

Memiliki dan selalu memelihara pikiran positif pada kehidupan sehari-hari merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh siapapun. Pikirkan yang baik dan positif akan berjalan beriringan bersama dengan rasa kepercayaan diri seseorang. Karena itu bersihkan pikiran dari beraneka hal negatif atau perasaan cemas yang diakibatkan komentar orang lain. Teruslah berusaha menjaga diri Anda supaya tetap berada pada lingkungan yang positif gunga menunjang aktivitas yang dijalankan setiap hari.

3. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain

Tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain, baik itu soal penampilan, prestasi, serta pencapaian yang sudah diraih, merupakan langkah awal penerimaan diri sebagai pondasi membangun kepercayaan diri. Perlu untuk dipahami bahwa setiap orang mempunyai perjalanan hidup yang berbeda sendiri serta sesungguhnya hidup bukanlah sebuah persaingan.

Perasaan ingin memiliki kehidupan seperti orang lain akan menciptakan kondisi mental yang tidak baik, ingatlah tentang apa yang telah Anda miliki dan gapai dengan usaha dan kemampuan yang Anda miliki.

4. Fokus dengan setiap perubahan kecil

Kepercayaan diri terbentuk dengan membutuhkan waktu yang mungkin tidak bisa dilakukan dalam sekejap bagi sebagian orang. Jadi sangat perlu untuk dipahami bahwa perlu untuk memberikan penghargaan pada diri Anda sendiri mengenai setiap proses atau perubahan kecil yang berhasil diraih serta dilakukan.

Tidak perlu merasa putus asa ketika belum mencapai apa yang dibayangkan dalam waktu dekat. Walaupun setelah melakukan berbagai ragam cara namun Anda masih merasa kurang percaya diri atau terlalu minder, lihatlah setiap langkah serta perubahan kecil yang telah dilakukan, yang nanti pada akhirnya pasti akan tumbuh menjadi sebuah perubahan besar sehingga membuat Anda terus maju dan berkembang.

Apabila Anda masih mengalami kesulitan atau mempunyai pertanyaan terkait dengan perasaaan terlalu minder, temukan solusi tepat untuk memperoleh kembali rasa percaya diri Anda dengan menghubungi konselor di biro psikologi terbaik di dekat Anda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.