Kenali 2 Pengaruh Gadget Yang Buruk Bagi Kesehatan, Berbahaya!

Gadget atau yang diartikan sebagai perangkat elektronik kecil ini sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita. Setiap hari kita menggunakan salah satu jenis gadget seperti ponsel atau smartphone, bukan? Sayangnya, penggunaan secara berlebihan ternyata buruk bagi kesehatan kita dari pengaruh gadget. Walaupun, perangkat elektronik ini identik dengan teknologi canggih. Dimana kita tahu memberikan layanan dan kemudahan di masa kini. Namun, anda juga harus tahu apa dampak buruk pengaruh gadget yang digunakan secara berlebihan untuk kesehatan. Simak penjelasan dari artikel dari psikolog jogja 24 jam berikut ini.

Pengaruh Gadget Yang Buruk Bagi Kesehatan

Sumber gambar https://www.pexels.com

Pengaruh gadget ini sangat banyak terjadi pada anak-anak yang tentunya tidak hanya mempengaruhi kesehatan mereka secara fisik namun juga secara psikis. Hal ini terjadi karena kurangnya kontrol dari orang tua dan pengaruh lingkungan yang kemudian memicu anak menggunakan gadget secara berlebihan.

Ciri-Ciri Kecanduan Gadget

Sebelum anda mengetahui apa saja dampak buruk penggunaan gawai berlebihan bagi kesehatan. Maka, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana mendeteksi jika anda sudah dalam tahap kecanduan. Sebab, jika sudah candu maka akan sulit melepas kebiasaan buruk tersebut. Beberapa indikator di bawah ini bisa menjawab apakah anda sudah candu atau belum:

  • Apakah anda merasa risih atau tidak nyaman jika anda tidak memegang (minimal) ponsel anda?
  • Apakah anda lebih sering menatap layar smartphone anda dibandingkan berbicara atau berinteraksi dengan orang lain?
  • Apakah anda merasa ada yang kurang jika belum update status atau melihat status orang lain?
  • Apakah anda harus makan dengan menatap layar ponsel?
  • Apakah anda selalu menghabiskan waktu di malam hari dengan ponsel anda?
  • Apakah anda sering melewatkan hal-hal yang seharusnya anda lakukan (produktif) dengan melihat-lihat ponsel saja?
  • Apakah anda selalu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melihat-lihat sosial media?

Jika hampir semua jawaban untuk pertanyaan di atas adalah Iya atau benar. Maka, sudah bisa disimpulkan anda adalah salah satu orang yang kecanduan gadget. Bagaimana jika sudah candu seperti ini? Tentu saja anda harus mengatasi masalah tersebut dengan segera. Karena jika tidak, maka anda akan berpeluang mengalami sejumlah masalah kesehatan.

Apa Saja Masalah Kesehatan Dari Pengaruh Gadget Yang Bisa Anda Rasakan?

Ada dua kategori masalah yang akan terjadi pada anda jika anda mengalami kecanduan gadget. Pertama, masalah kesehatan yang terlihat secara fisik dan yang kedua secara mental. Nah, berikut ulasan dari psikolog terdekat :

1. Masalah Kesehatan Fisik

Beberapa orang yang ketergantungan akan barang elektronik mini ini akan memiliki gangguan fisik seperti:

  • Gangguan penglihatan bisa bersifat efek jangka pendek dan panjang. Misalnya mata anda mengalami kelelahan, terlihat iritasi (merah) hingga mengalami masalah kebutaan.
  • Telinga anda juga akan mengalami gangguan. Apalagi, jika anda menggunakan headset atau earphone secara berkala dalam waktu lama.
  • Anda juga berpotensi mengalami gangguan tidur alias insomnia.
  • Anda juga akan mengalami nyeri di bagian-bagian tubuh tertentu. Misalnya jari jemari anda sakit ketika mengetik terlalu lama. Pergelangan tangan yang pegal atau punggung yang nyeri akibat postur tidak baik saat berlama-lama menggunakan gadget.

2. Masalah Kesehatan Mental

Selain masalah pada fisik, seseorang yang sudah candu juga akan mengalami masalah mental seperti:

  • Sulit melatih fokus mereka terhadap sesuatu. Sehingga menjadi tidak produktif. Sebab, lebih sering dan gemar menghabiskan waktu untuk bermain dengan perangkat elektronik mereka.
  • Gampang marah, pengendalian emosi buruk, stres hingga mengalami depresi.
  • Mudah mengalami gangguan sosialisasi sebab lebih sering menghabiskan waktu dengan layar gadget mereka.
  • Mudah merasa kesepian karena kurangnya sosialisasi dengan dunia luar.

Kesimpulan

Bagaimana? Sangat buruk dampak atau pengaruh gadget ini bagi kesehatan kita, bukan? Jadi, mulai dari sekarang mulailah membatasi waktu menggunakan baik itu ponsel, laptop ataupun perangkat gaming anda. Cobalah untuk lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dijamin kesehatan anda akan berangsur membaik.

Pengaruh gadget dapat terjadi pada siapa saja baik anak maupun dewasa, jadi apabila Anda atau anggota keluarga masih merasakan dampak dari pengaruh gadget maka ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikoterapis di biro psikologi jogja terdekat di kota Anda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.