Peran Suami Dalam Mendidik Anak Pada Sebuah Keluarga

Pada sebuah keluarga, mengasuh anak seringkali dianggap sebagai sebagai tugas seorang istri, padahal peran suami dalam mendidik anak sangat dibutuhkan. Keluarga merupakan jenjang sekolah pertama bagi setiap anak sebelum masuk ke sekolah formal. Sama seperti sebuah lembaga pendidikan, maka peran seorang pendidik harus mampu memberikan bimbingan kepada anak-anak secara benar, dan dalam keluarga peran tersebut adalah orang tua.

Tanpa mengurangi kehadiran seorang istri dalam memberikan pendidikan anak dan perhatian yang dinilai paling besar pada sebuah rumah tangga, pada sisi lain peran seorang suami seringkali tanpa disadari juga begitu banyak terhadap perkembangan anak. Berikut ini merupakan ulasan dari biro psikologi mengenai peran suami dalam mendidik anak pada sebuah keluarga.

Peran Suami Dalam Mendidik Anak

Sumber gambar https://xframe.io

Pentingnya Peran Suami Dalam Mendidik Anak

Sekalipun sama-sama sebagai orang tua bagi anak, namun seorang istri dan suami mempunyai peran yang cukup berbeda pada pendidikan anak. Seorang istri lebih banyak memberikan pengajaran mengenai makna keadilan, cinta kasih serta kerjasama, dan seorang suami lebih memberikan pemahaman mengenai kompetisi, prestasi, disiplin juga kemandirian.

Coba ingat kembali bagaimana dulu seorang ayah ketika mendidik kita, sekalipun Anda merupakan seorang anak laki-laki maupun perempuan, tapi ada banyak hal yang dapat kita ingat yaitu bagaimana serunya saat kita bermain bersama ayah kita. Berbeda dengan seorang ibu, pada umumnya seorang ayah lebih cenderung mempunyai jiwa bermain dan kemampuan menjadi teman bermain untuk anak-anaknya.

Peran Ayah untuk perkembangan anak

Kehadiran seorang ayah dalam membentuk kemandirian pada anak, akan memberikan perasaan aman dan percaya diri. Dengan demikian anak menjadi lebih bebas dalam menjelajahi lingkungan sekitar serta mencoba berbagai hal baru secara mandiri. Anak juga akan merasa melindungi dirinya sendiri dari ancaman, sehingga menjadi lebih berani dalam melakukan banyak hal.

Peran suami dalam mendidik anak pada sebuah keluarga sangat diperlukan, sebab Ayah adalah sosok yang mampu memberikan semangat terbaik yang pernah ada. Lihat saja pada setiap perlombaan, siapa yang akan berteriak paling kencang untuk memberikan semangat pada anggota keluarganya?

Membentuk disiplin pada anak

Peran ayah dalam perkembangan anak yang cukup penting yaitu sebagai seorang dalam membentuk kedisiplinan secara menyenangkan. Belajar disiplin dari seorang ayah bisa menjadi menyenangkan karena seorang pria pada umumnya memiliki kestabilan emosi yang lebih baik dibandingkan wanita. Hal tersebut beberapa dikarenakan potensi gangguan emosi pada seorang pria jauh lebih sedikit, salah satu contoh yaitu tidak adanya fase pre-menstruation syndrome (PMS) pada pria.

Dalam proses penanaman disiplin yang baik, maka seringkali dibutuhkan adanya sebuah bentuk ketegasan yang tanpa kompromi. Sesuatu seperti ini tidak mudah ditemukan pada sebagian besar seorang ibu, karena pada umumnya wanita akan lebih memakai perasaan dan lebih mudah menerima beragam jawaban berupa alasan yang dilontarkan anak-anak mereka. Memberikan pemakluman yang seperti itu seringkali menjadi tidak baik, karena anak-anak akan menjadikan rengekan mereka sebagai senjata supaya tidak mendapatkan hukuman.

Kesimpulan

Walaupun memilili kesibukan seperti apapun, sebagai orangtua terlebih pada seorang ayah, anak akan selalu membutuhkan profil ayah di sampingnya sebagai pelatih dan pendidik. Bahkan kadangkala seorang ayah tidak harus untuk melakukan apapun dalam berkontribusi untuk pendidikan anak-anaknya, tapi dengan cukup hadir dan berada disana itu sudah memberikan arti besar pada kelurganya.

Berada di tengah-tengah keluaga serta memberikan senyuman terhadap setiap pandangan yang anak-anak kita berikan, akan memberikan peran besar dalam membentuk karakter Anak. Setiap anak akan tumbuh dan membutuhkan Anda walupun dengan cara yang tisak sama, akan tetapi mereka akan tetap selalu membutuhkan Anda. Begitu pula seorang istri tentu sangat membutuhkan peran Anda sebagai mitra terbaik dalam membentuk serta mendidikan anak-anak, sehingga kelak akan tumbuh kuat dan mandiri. Karena bagaimanapun juga orang tua tidak akan selalu ada dan hadir untuk membantu anak-anak mereka.

Jadi, siapkah menjadi seorang ayah yang hebat bagi anak-anak Anda, sekaligus sebagai mitra pasangan Anda dalam rumah tangga?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.