Berikut 4 Pentingnya Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Tentu banyak yang setuju bahwa pendidikan anak adalah warisan terbaik orangtua untuk anak-anaknya itu bukanlah harta bukanlah berlian yang indah bukan uang yang melimpah. Karena untuk memperoleh pendidikan yang layak dan cukup membutuhkan biaya, dengan begitu berikut pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak. Bahkan tidak hanya biaya saja namun pendampingan psikologi anak juga perlu dilakukan oleh para orang tua.

Apa pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak ?

Kenapa pendidikan itu penting, karena pendidikan itu yang akan mengajarkan bagaimana dia harus hidup meski nanti dia sudah lepas dari orang tua pendidikan itu yang akan memberitahunya mana yang salah dan benar dan pendidikan itu yang akan mengajarkannya selalu baik kepada sesama terlebih orang tua lalu. Kita sebagai orangtua atau calon orangtua harus mempersiapkan dana pendidikan anak.

mempersiapkan dana pendidikan anak

Pengaruh Inflasi

Adanya inflasi rata-rata kenaikan inflasi biaya pendidikan di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 10% hingga 15 persen pertahun Oleh sebab itu orang tua sebaiknya mempersiapkan anggaran untuk dana pendidikan anak sejak dini. Semakin dini orang tua mempersiapkan dana pendidikan maka semakin sedikit biaya yang dikeluarkan ketika anak mulai sekolah nanti.

Menghindari dari berhutang

Nah coba bayangkan jika para orang tua tidak mempersiapkan dana pendidikan dengan baik sejak dini imbas terburuknya bisa jadi harus berhutang.

Selanjutnya langkah penting orangtua saat mempersiapkan dana pendidikan anak langkah pertama yaitu survey sekolah, ada baiknya kita sebagai orangtua melakukan survey ke sejumlah sekolah baik itu sekolah negeri swasta Boarding School atau International yang tentunya sesuai dengan prinsip keluarga dan gambaran keuangan keluarga. Dengan begitu orang tua punya pembanding sekolah mana yang paling tepat. Agar persiapan lebih matang survei ke sekolah bisa dilakukan jauh sebelum anak memasuki usia sekolah selanjutnya buat perencanaan biaya.

Setelah menentukan pilihan sekolah saatnya mulai menghitung estimasi pengeluaran yang terdiri atas biaya semester uang gedung dan kebutuhan hari. Selain itu biaya pendidikan juga mengalami inflasi setiap tahunnya sekitar 10 persen sehingga 15 persen per tahun, lalu buatlah target menabung tiap bulannya dan menghitung besaran biaya yang dibutuhkan dan periode waktu untuk menjangkaunya.

Pilih instrumen investasi yang tepat

Investasi dapat menjadikan jalan ampuh untuk menyiapkan dana pendidikan sebab uang yang dialokasikan dapat berkembang dan tidak tergerus arus inflasi sesuaikan investasi dengan jangka waktu pendidikan dan profil resikonya contoh investasi disesuaikan dengan jangka waktu.

Untuk jangka waktu satu tahun hingga tiga tahun dana pendidikan bisa dialokasikan di tabungan berjangka P2P Lending, Reksadana Pasar Uang atau Deposito.

Sedangkan jangka waktu tiga hingga lima tahun dana pendidikan bisa dialokasikan di Obligasi atau Reksadana Pendapatan Tetap.

Dan jangka waktu lebih dari 10 tahun dana pendidikan bisa dialokasikan di logam mulia, Reksadana Saham atau Saham.

Berikut contoh cara menghitung dana pendidikan anak untuk inflasi biaya kenaikan pendidikan per tahun sekitar 10% hingga lima belas persen per tahun misalkan si anak usianya baru dua tahun terus dana pendidikan yang disiapkan ini untuk kuliah kira-kira kuliah nanti usianya 18 tahun jadi ada rentan waktu 16 tahun.

Jadi target waktu pengumpulan dana pendidikan selama 16 tahun selanjutnya biaya saat ini untuk biaya saat ini sudah mencakup uang pangkal uang SPP selama delapan semester. Katakanlah 50 juta jika menggunakan nilai inflasi sebesar 15% . Kemudian berapa sih biaya masa depan menuju ke-16 tahun lagi ?

Dari ilustrasi sederhana diatas tersebut maka terlihat perkiraan berapa dana yang harus dipersiapkan dan betapa pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak oleh orang tua sedini mungkin.

Sebelum menginvestasikan dana pendidikan Anda harus cari tahu dulu ya mengenai investasi ini. Pastikan memilih instrumen investasi dan tempat menaruh dana yang benar-benar aman supaya tidak terjebak pada investasi yang merugikan atau bodong.

Kemudahan berinvestasi yang aman

Beruntung saja saat ini sudah ada banyak pilihan dan tersedia beragam cara untuk melakukan investasi aman yang tersedia bahkan hanya melalui mobile banking Anda. Mulai dari deposito, obligasi, surat utang, dan reksadana dapat Anda pilih dan memanfaatkan secara mudah serta praktis tanpa harus kemana-mana.

Mempersiapkan dana pendidikan anak merupakan hal mutlak yang harus dan pasti akan dilakukan setiap orang tua untuk mewujudkan masa depan anak-anak yang cerah. Dengan begitu anak akan memperoleh kepastian pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.