5 Langkah Mudah Untuk Membangun Pikiran Positif

Tidak semua orang memiliki pribadi yang “cuek” yang terkesan masa bodoh atas sesuatu. Bahkan, kebanyakan dari kita memiliki pikiran yang sangat mudah terpengaruh dengan hal-hal kecil. Namun tahukah anda, jika membangun pikiran positif sangat dibutuhkan?

Bukan tanpa sebab jika seseorang dituntut untuk selalu berpikiran positif. Sebab, energi negatif yang berasal dari pemikiran anda bisa mempengaruhi banyak hal. Mulai dari mood yang berantakan hingga anda tidak bisa bersikap lebih produktif. Parahnya lagi, pikiran negatif bisa mencelakai mental dan fisik anda.

Pastinya anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri anda, bukan? Untuk itu, anda perlu mempelajari berbagai cara agar anda tetap bisa berpikiran positif. Jangan khawatir, kita akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Beberapa langkah membangun pikiran positif yang bisa anda lakukan

1. Kendalikan Alam Bawah Sadar

Anda harus tahu, jika alam bawah sadar seseorang bisa mempengaruhi karakteristik mereka. Bahkan, luka batin, kecewaan atau perasaan marah yang timbul dari masa anak-anak bisa tersimpan dengan rapi. Hal ini yang nantinya bisa menjadi bom waktu tentu saja bisa meledak kapan saja. Alam bawah sadar anda secara tidak langsung bisa mempengaruhi bagaimana anda merespon dan berpikir akan sesuatu.

Jadi, jika anda tidak ingin selalu memiliki pikiran negatif. Maka, anda harus menguasai teknik untuk memenangkan dan menguasai alam bawah sadar. Namun, mungkin anda butuh bantuan para tim professional. Misalnya saja dengan mengambil layanan hipnoterapi.

2. Alihkan Pusat Fokus

Sadarkah anda? Jika anda memikirkan sesuatu secara berlebihan alias overthinking. Maka, fokus anda akan tertuju pada hal buruk tersebut bukan? Nah, jika anda tidak ingin larut dengan pemikiran buruk ini. Maka, mau tidak mau anda harus mengalihkan fokus pikiran anda. Caranya sangat mudah sebenarnya.

Coba bayangkan, apa yang membuat anda merasa lebih bahagia? Apakah anda menyukai secangkir teh hangat dan novel di sore hari? Atau mungkin anda merasa lebih baik jika berjalan-jalan sejenak dan menikmati indahnya alam. Apapun itu, anda harus mencoba mengalihkan fokus anda. Buatlah titik fokus anda menjadi hal-hal menarik dan menyenangkan.

3. Berbagi Kebaikan

Tidak sedikit jika anda melihat medsos alias media sosial sekarang tentang postingan berbagi, bukan? Sebenarnya, hal ini tidak hanya sekedar konten untuk mendapatkan cuan atau apresiasi saja loh. Anda, akan merasa lebih bahagia dan terhindar dari banyak pikiran negatif. Jadi, jangan sungkan berbagi walaupun hanya dengan pikiran dan tenaga.

4. Bersyukur

Bukankah dari kecil kita sudah diajarkan untuk selalu mengucap rasa syukur? Hal ini juga yang harus diketahui banyak orang. Selalu bersyukur setiap harinya akan melatih mental anda berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini juga memacu otak agar selalu melihat sesuatu dari sudut pandang yang baik.

5. Latihan Pernapasan

Jangan terburu-buru dalam bertindak. Latihan pernapasan yang biasanya diajarkan oleh instruktur yoga atau senam ternyata sangat baik melatih kemampuan berpikir anda. Sebab, ketika anda marah atau memikirkan hal-hal buruk. Maka, cobalah berhenti sejenak dan menghela nafas dalam. Dijamin waktu yang anda gunakan lebih lama ini membuat otak anda bekerja dan mencerna sesuatu lebih baik. Tahan dan relax merupakan kunci utama.

Kesimpulan

Bagaimana? Ternyata untuk membangun pikiran positif tidak sesulit yang anda duga, bukan? Jadi, mulai dari sekarang mari coba praktekkan langkah-langkah di atas dan rasakan perbedaan nya. Dan tahukah Anda bahwa pikiran positif merupakan salah satu tanda dari tingkat kecerdasan emosi seseorang.

Hasil dari membangun pikiran positif yang ada dalam pikiran kita, tidak hanya akan terasa dan bermanfaat bagi diri sendiri saja, namun tanpa kita sadari juga akan mempengaruhi lingkungan sekitar kita, baik itu keluarga, pergaulan maupun tempat kerja.

Hal ini karena hasil dari pikiran positif kita kemudian terwujud dalam tingkah laku dan penampilan kita, hal itulah yang kemudian akan memberikan pengaruh terhadap sekeliling kita. Bayangkan jika pikiran positif yang kita bangun kemudian menular kepada orang lain, maka akan menjadi energi positif akan memberikan dampak yang sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.